the agent of change

.

Pages

Sep 15, 2013

Prakarya : Kerajinan dari bahan alam bambu

Berawal dari topik pembelajaran Prakarya, salah satu mata pelajaran baru yang dilahirkan pada kurikulum 2013 yang merupakan pengembangan dari mata pelajaran ketrampilan. Dimana terdiri dari topik Kerajinan, Rekayasa, Pengolahan, dan Budidaya.
Pada awal pertemuan pelajaran baru ini, saya sebagai guru TIK ditugaskan untuk mengajar mata pelajaran ini. Prakarya bukan mata pelajaran Keterampilan sebagaimana dinamakan selama ini dan juga bukan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan peserta didik. Prakarya adalah mata pelajaran yang membekali siswa dengan kemampuan untuk menghasilkan suatu karya pendahuluan atau purwarupa (prototype). Supaya dihasilkan purwarupa yang baik, maka harus diajarkan pengembangan ide serta pengetahuan tentang bahan, proses, dan peralatan, sehingga siswa dapat memahami alasan-alasan penggunaan bahan, proses, atau peralatan tertentu. Pada akhirnya pengerjaan sebuah prakarya haruslah dibarengidengan sikap yang sesuai sehingga hasil yang diperoleh adalah optimal. Dengan demikian, Prakarya sebagai suatu mata pelajaran harus mencakup aktivitas dan materi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan tentang apa yang harus direncanakan dan dipersiapkan dalam pembuatan suatu prakarya (ranah pengetahuan), bagaimana membuatnya (ranah keterampilan), dan kompetensi sikap yang perlu dimiliki peserta didik untuk dapat menghasilkan prakarya yang baik. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah ranah prakarya, yaitu karya kerajinan, karya teknologi, karya pengolahan, dan karya budidaya.
Tugas Individu saya mulai dari pembuatan wadah pensil dari bahan alam bambu. Peserta membawa bambu kuning dengan ukuran tinggi 12 Cm dan diameter minimal 6 Cm. Membawa alat-alat seperti gergaji, amplas, pisau ukir. Pada pertemuan berikutnya, setelah di potong dan diamplas sesuai dengan kebutuhan, maka dilanjutkan dengan proses pengecatan. Setelah proses pengecatan, mulai melakukan beberapa langkah modifikasi untuk membuat bambu yang telah dicat menjadi lebih menarik. Kemudian pada akhirnya, tahap pengemasan dengan kertas plastik.
Dan hasil akhirnya, sebagaian besar layak untuk dipamerkan bahkan untuk dijual.

0 comments:

Post a Comment