the agent of change

.

Pages

Sep 23, 2013

Karya yang berkualitas

Dalam pembuatan produk kerajinan, perlu memahami seperti apa membuat karya yang berkualitas. Proses penciptaannya harus mengacu pada persyaratan yang disebut prinsip ergonomis, yaitu seperti berikut :

1. Kegunaan (utility) Benda kerajinan harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, contoh: bambu bisa digunakan untuk wadah pensil/pena.

2. Kenyamanan (comfortable) Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya, contoh: bambu didesain dapat di letakkan di atas meja.

3. Keluwesan (flexibility) Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya, contoh: bambu bisa diletakkan sesuai ukuran pena atau pensil pada umumnya.

4. Keamanan (safety) Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya, misalnya; bambu masih ada ruas-ruas atau kulit yang tajam

5. Keindahan (aestetic) Benda yang indah selalu sedap dipandang dan menarik perhatian. Keindahan sebuah benda dapat dilihat dari beberapa hal, di antaranya dari bentuk, hiasan atau ornamen, dan bahan bakunya.

0 comments:

Post a Comment